SMA 10 Padang

The Smart Community
 
HomeHome  PortalPortal  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  MemberlistMemberlist  Log in  

Share | 
 

 Manusia Setengah Robot

Go down 
AuthorMessage
Admin
Admin
avatar

Number of posts : 384
Registration date : 2008-02-22

PostSubject: Manusia Setengah Robot   Tue Mar 11, 2008 3:52 pm

Ras Baru: Manusia Setengah Robot
Sabtu, 8 Maret 2008 - 11:17 wib

JAKARTA - Kisah dalam film Matrix, yang diperankan oleh Keanu Reeves, agaknya bukan sekadar fiksi. Dua pekan lalu, pakar teknologi asal Amerika, Ray Kurzweil, mengatakan bahwa mesin akan mencapai kecerdasan tiruan setara dengan manusia pada 2029. ? Manusia akan mencapai ?~kesempurnaan? ketika sebuah robot mungil ditanam di dalam otaknya. Orang akan menjadi lebih cerdas,? katanya.

Selain mendongkrak kecerdasan, robot mungil alias nanobots tersebut juga membuat manusia mengingat berbagai hal dengan lebih baik. Bahkan, kelak orang bisa memasuki lingkungan virtual reality melalui sistem sarafnya secara otomatis.

Mesin dan manusia akan secepatnya bergabung. Artinya, demikian Kurzweil, mesin tersebut akan ditempelkan di dalam tubuh untuk berbagai tujuan atau kepentingan. Sebagai misal untuk memelihara tingkat kesehatan dan meningkatkan kecerdasan. ? Kami akan menciptakan nanobots yang cerdas yang bisa memasuki otak dari pembuluh darah dan berinteraksi secara langsung dengan neuron,? paparnya.

Kurzweil dan timnya memang sangat meyakini bahwa penggabungan mesin dan manusia--dengan menanamkannya di dalam tubuh--akan bisa mendongkrak tingkat kesehatan dan kecerdasan jauh di atas standar yang ada saat ini. Bahkan, kelak manusia ? setengah? robot itu akan menjadi bagian dari kehidupan sosial tersendiri. ? Kami,? ujarnya, ? Menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental secara bersamaan.?

Toh, Kurzweil buru-buru menegaskan bahwa hal itu tidak akan menjadi semacam invasi dari alien mesin-mesin cerdas yang mengancam dan menggusur keberadaan manusia. Mesin, katanya, sekadar mewujudkan beratus-ratus hal yang manusia ingin lakukan, baik pada batas kecerdasan atau lebih dan di berbagai bidang kehidupan.

Bukan hanya menciptakan mesin untuk disuntikkan dalam tubuh, para peneliti itu juga mengungkapkan keberhasilan dalam menyiapkan perangkat keras dan lunak dengan kecerdasan tiruan seperti yang dimiliki manusia, termasuk keluwesan dan kecerdasan emosional. ? Kita mesti siap dengan komunitas manusia mesin,? ucapnya.

Sekadar informasi, Kurzweil adalah salah satu dari 18 pemikir berpengaruh abad ke-21 yang memilih untuk mengidentifikasi berbagai tantangan yang terkait dengan ras manusia. Tokoh lainnya adalah pendiri Google, Larry Page, dan pakar genetika, Dr. Craig Venter.

Salah satu tolak ukur keberhasilan proyek para pemikir itu adalah pertumbuhan yang bersifat eksponensial dari kemampuan pemrosesan data. Selain itu, pada saat yang sama ukuran berbagai perangkat teknologi semakin menyusut. Kedua hal itu memicu pengembangan komputer mikroskopik.

Para pakar teknologi itu juga mengungkapkan, adalah sebuah keniscayaan untuk membuat prediksi secara akurat pertumbuhan dan perubahan di dunia komputasi dengan memperhatikan apa yang telah berhasil dicapai di bidang pengembangan komputer selama 50 tahun terakhir. Berpijak pada hal itu, mereka berkeyakinan dalam 25 tahun ke depan kemampuan komputer akan meningkat hingga miliaran kali lipat. Sementara, ukuran mesin pintar itu akan menyusut hingga 100 ribu kali.

Hari ini, katanya, orang bisa meletakkan komputer seukuran biji kacang di dalam manusia untuk mengobati penyakit Parkinson. Neuron yang rusak oleh penyakit juga bisa digantikan oleh perangkat canggih tersebut.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sejumlah ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts berhasil menyembuhkan sejumlah hamster yang buta. Ceritanya, di laboratorium para peneliti merusak bagian otak binatang pengerat itu yang terkait dengan fungsi penglihatan. Hewan yang terluka itu lantas disuntik dengan bahan sintetis peptides berukuran lima nanometer.

Bahan tersebut belakangan mampu menyatukan sel-sel otak yang rusak tanpa menimbulkan bekas luka parut. Hal itulah yang membuat hamster yang buta kembali bisa melihat. Menariknya, uji coba itu juga berhasil pada hewan yang berusia tua yang kemampuan regenerasi selnya diduga sudah tak bekerja optimal. ? Hal itu membuat kami sangat terkejut dan gembira,? kata Dr. Rutledge Ellis-Behnke, pakar neuroscientist dari MIT.

Serupa dengan yang dilakukan oleh para peneliti dari MIT, Kurzweil dan rekan-rekannya juga mengoptimalkan teknologi nano. Hasilnya, mereka siap melahirkan komputer yang memiliki ukuran sama dengan sebutir sel darah. Mesin pengolah data itu dapat disuntikkan dan merayap di dalam tubuh manusia. Jika bersarang di dalam otak, maka dia akan melipatgandakan tingkat kecerdasan. (Trust//srn)

_________________
Ini SIgnature namanya.....
Back to top Go down
View user profile http://sma10-pdg.heavenforum.com
rhy_rie
Warga Smanten
Warga Smanten
avatar

Female Number of posts : 39
Age : 27
Hobi : menulis dan baca komik!
Registration date : 2008-03-06

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Thu Mar 13, 2008 2:15 pm

Wuah, bahaya tuh, bisa2 kita diinfeksi oleh robot mini yang ukurannya lbih kecil dari upil tanpa kita ketahui!

BUt, anyway para scientist itu emang jenius banget! Shocked
Back to top Go down
View user profile
Hazrina
Moderators
avatar

Female Number of posts : 96
Age : 29
Lokasi : alaigakure
Hobi : nyah....nyah....
Registration date : 2008-02-26

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Fri Mar 14, 2008 9:54 pm

hohoho..... bukan masalah jenius2annya...... tapi mereka pasti dah kerja keras bgt.......
Back to top Go down
View user profile
theterrorofdeath
Tamu Smanten
Tamu Smanten
avatar

Male Number of posts : 20
Age : 27
Lokasi : Padang
Hobi : game tentunya,,gw RPG mania,browsing di internet
Registration date : 2008-03-19

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Thu Mar 20, 2008 7:23 pm

kesuksesan berawal dari kerja keras!! ga peduli seberapa pintarnya seorang manusia,kalau ga kerja keras kagak bakalan sukses!!!So keep study hard 4 our future!!
Back to top Go down
View user profile
Hazrina
Moderators
avatar

Female Number of posts : 96
Age : 29
Lokasi : alaigakure
Hobi : nyah....nyah....
Registration date : 2008-02-26

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Sun Mar 23, 2008 8:06 pm

theterrorofdeath wrote:
kesuksesan berawal dari kerja keras!! ga peduli seberapa pintarnya seorang manusia,kalau ga kerja keras kagak bakalan sukses!!!So keep study hard 4 our future!!

SETUJU!!!!!!!!!!! MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!
Back to top Go down
View user profile
rhy_rie
Warga Smanten
Warga Smanten
avatar

Female Number of posts : 39
Age : 27
Hobi : menulis dan baca komik!
Registration date : 2008-03-06

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Wed Mar 26, 2008 1:38 pm

bisaa kunjungi www.beritanet.com buat nyari artikel2 baru seputar dunia IT! study
Back to top Go down
View user profile
Chiebiedit
Moderators
avatar

Male Number of posts : 194
Age : 29
Lokasi : padang
Hobi : Nulis,gambar,game
Registration date : 2008-03-27

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Sat Mar 29, 2008 8:47 pm

Ooooo taruih la...!!

Barek kaji preman ko maa....!!!
Back to top Go down
View user profile http://www.bayusaja.wordpress.com
Belalang
Tukang Sapu
avatar

Male Number of posts : 116
Age : 28
Lokasi : TPU Tunggul Hitam
Hobi : Tidur..Tidur...dan Tidur.....
Registration date : 2008-03-18

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Thu May 01, 2008 11:06 am

Chiebiedit wrote:
Ooooo taruih la...!!

Barek kaji preman ko maa....!!!

wakakaa.... iyo².. barek bana ko haaaaaaaaaaa....

tapi ebat jo tu urang tu,, bisa buek yang kek gitu... semoga dari generasi awak,, ado yang buek lebih mantap dan bermanfaat untuak masa depan..

_________________
Aku Cinta Kamu
Aku Sayang Kamu
-==Selamanya==-


SweeT Cha
Back to top Go down
View user profile http://unressjokerzz.blogspot.com
Borry
Moderators
avatar

Male Number of posts : 52
Age : 26
Lokasi : Padang
Hobi : main musik, basket, baca buku humor, internetan, menulis artikel, menggambar, dll.
Registration date : 2008-03-23

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Thu May 15, 2008 2:19 pm

Belalang wrote:
Chiebiedit wrote:
Ooooo taruih la...!!

Barek kaji preman ko maa....!!!

wakakaa.... iyo².. barek bana ko haaaaaaaaaaa....

tapi ebat jo tu urang tu,, bisa buek yang kek gitu... semoga dari generasi awak,, ado yang buek lebih mantap dan bermanfaat untuak masa depan..

amin....

Very Happy
Back to top Go down
View user profile http://www.borry01.wordpress.com
Fikr Al-'Arif
Tamu Smanten
Tamu Smanten
avatar

Male Number of posts : 2
Hobi : Listen to haraqa true story; computer
Registration date : 2008-03-13

PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   Thu Jun 19, 2008 5:06 pm

Bisa beneran bisa boongan...

Maaf, bukan maksud menentang kemajuan teknologi, tapi ada baiknya kita berpikir lebih kritis. Kata sebuah iklan 'nggak semua yg loe denger itu bener', mungkin ada juga benernya (iklannya atau beritanya ;-)
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Manusia Setengah Robot   

Back to top Go down
 
Manusia Setengah Robot
Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» 3 Hasil Tangkapan Ikan Terbesar di Dunia

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
SMA 10 Padang :: Berita Terkini :: Technology-
Jump to: